4/01/2015

5 Spot untuk Hanami-an di Tokyo

Halo \(^O^)/

Wah, tidak terasa sudah masuk bulan April, musim semi sudah datang!

Musim semi di Jepang identik dengan kegiatan hanami atau yang disebut juga kegiatan menikmati mekarnya bunga Sakura. Taukah kamu kalau bunga Sakura hanya mekar selama kurang lebih 2 minggu saja? Panas dinginnya cuaca di wilayah mempengaruhi lama mekarnya bunga Sakura. Jadi, jika cuaca menjadi panas, bunga Sakura biasanya mulai berguguran.

Oleh karena waktu mekarnya yang singkat inilah, orang Jepang umumnya suka menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman untuk menikmati indahnya bunga Sakura di taman maupun beberapa lokasi lain yang terkenal sebagai spot untuk hanami-an. Pada postingan kali ini, kami akan memperkenalkan 5 tempat bagus untuk melakukan hanami di Tokyo. Yuk disimak!

1. Shinjuku Gyoen


Taman ini merupakan salah satu taman yang paling direkomendasikan sebagai spot hanami di Tokyo. Selain dapat dicapai dengan berjalan kaki 10 menit dari stasiun Shinjuku, taman ini juga memiliki area yang luas, sehingga tidak penuh sesak dengan pengunjung lainnya. Taman ini juga memiliki berbagai jenis pohon sakura yang waktu mekarnya termasuk bervariasi, lho. Jadi, buat kamu yang tidak sempat melihat mekarnya bunga Sakura di awal bulan, masih bisa melihat bunga Sakura bermekaran di pertengahan bulan. Biasanya pohon Sakura di taman ini mulai bermekaran pada awal bulan April. 

Tiket masuk: 200 yen
Jam buka: 9.00 ~ 16.30

2. Ueno Park


Taman Ueno terkenal sebagai spot untuk melakukan pesta hanami. Biasanya taman ini disesaki pengunjung dari berbagai wilayah karena deretan pohon sakura yang terdapat di sepanjang jalan taman, yang terlihat sangat indah. Selain itu, pada malam hari, pohon-pohon sakura ini juga dihiasi lampu kerlap-kerlip, sehingga pengunjung dapat menikmati suasana malam taman ini. Pohon Sakura di taman ini biasanya mulai bermekaran 2-3 hari lebih awal daripada tempat lain di Tokyo.

Tiket masuk: -
Hiasan lampu mulai dinyalakan pukul 17.30 ~ 20.00 
 
3. Chidorigafuchi


Tempat ini menyajikan pemandangan yang paling menakjubkan dari mekarnya bunga Sakura di Jepang. Selain dikarenakan dekat dengan kastil zaman Edo dahulu, adanya sungai yang terdapat di tempat ini, membuat suasana menjadi indah. Kamu bisa menyewa perahu untuk dikayuh di sungai dan menikmati indahnya bunga sakura dari tengah sungai juga, lho. Pada malam hari, pohon-pohon sakura ini juga dihiasi lampu-lampu kecil yang tak kalah indahnya.

Tiket masuk: -
Hiasan lampu mulai dinyalakan pukul 18.00 ~ 22.00

4. Meguro River


Deretan pohon Sakura di sepanjang sungai Meguro membuat kawasan ini menjadi salah satu spot favorit untuk melakukan hanami di Tokyo. Oh iya, kamu juga bisa mengikuti Nakameguro Sakura Festival yang biasanya diadakan pada awal bulan April.

Tiket masuk:-
Hiasan lampu dinyalakan hingga pukul 21.00 

5. Koishikawa Korakuen 


Berbeda dengan 4 lokasi di atas, Koishikawa Korakuen menawarkan pemandangan kebun tradisional Jepang dengan mekarnya bunga Sakura. Pohon Sakura yang terdapat di taman ini juga sangat beragam. Salah satu pohon yang cukup terkenal adalah "Weeping Cherry Blossom" atau Pohon Sakura yang batangnya menjulur ke bawah. Pohon ini biasanya mekar lebih awal dibandingkan dengan pohon lainnya yang terdapat di taman ini.

Tiket masuk: 300 yen
Jam buka: 9.00 ~ 17.00

Kalau kamu mengunjungi Jepang pada saat musim semi, jangan lupa untuk mengunjungi salah satu lokasi di atas ya. 

Semoga bermanfaat.

Cheers,
~Study Go Japan~ (Monica)

Image source: Google Images

    

No comments:

Post a Comment