3/13/2015

Fukubukuro: Tas Keberuntungan di Jepang!

Halo (^O^)/

Pada postingan kali ini, kami akan membahas mengenai 福袋 (dibaca: fukubukuro) di Jepang. Apakah kamu sudah pernah mendengar atau mengetahui tentang fukubukuro ini?

Kalau dilihat dari tulisan kanjinya, fukubukuro terdiri dari kanji 福 (dibaca: fuku) yang artinya keberuntungan dan 袋 (dibaca: fukuro/bukuro) yang artinya kantung atau tas. Jadi, fukubukuro dapat diartikan sebagai tas atau kantung keberuntungan. Kenapa disebut begitu? Karena semua barang yang terdapat di dalam tas tersebut dijual dengan 1 harga saja, misalnya 10.000 yen. 


Kamu bisa menemukan fukubukuro di Jepang pada akhir tahun dan awal tahun baru, karena hampir seluruh toko di Jepang ikut berpartisipasi menyediakan fukubukuro khas toko mereka. Sebenarnya, fukubukuro ini merupakan salah satu tradisi di Jepang dalam menyambut tahun baru. Penduduk Jepang percaya bahwa ketika menyambut tahun baru, sebaiknya barang-barang pada tahun sebelumnya dibersihkan seluruhnya agar dapat digantikan dengan keberuntungan di awal tahun baru. 

Adanya kepercayaan seperti itu, membuat para pemilik toko di Jepang menjual produk-produk tahun sebelumnya dengan cara memasukkan produk tersebut ke dalam kantung tertutup dan dijual dengan harga yang murah. Walaupun kita dapat membeli kantung ini dengan harga murah, bukan berarti kualitasnya jelek lho. Kualitas produk yang dijual masih bagus bahkan terkadang ada juga produk keluaran terbaru.


Fukubukuro ini mudah dikenali karena biasanya berwarna merah dan memiliki tulisan 福 di depan kantungnya. Isinya dapat berbagai macam, mulai dari pakaian hingga gadget terbaru seperti produk Apple. Namun, kita tidak bisa melihat isi kantung dan memilih produk yang kita inginkan saja  karena biasanya sudah dibungkus rapi oleh pemilik toko. Jadi, benar-benar tergantung dari keberuntungan kita.



Kalau kamu ingin membeli fukubukuro, kami sarankan untuk mendatangi toko favorit kamu lebih awal. Alasannya, untuk beberapa toko terkenal, seperti Apple, banyak orang-orang yang rela mengantri dari jam 5 pagi demi mendapatkan fukubukuro Apple. Harganya bervariasi, mulai dari 5000 yen hingga 100.000 yen, tergantung toko apa yang kamu kunjungi. Membeli fukubukuro ini mungkin dapat diibaratkan dengan belanja midnight sale yang sering diadakan di shopping mall di Indonesia.



Beberapa produk yang terdapat dalam Fukubukuro Apple

Gimana? tertarik untuk membeli fukubukuro juga? Jangan lupa siapin budget lebih ya, karena biasanya banyak godaan ketika membeli kantung keberuntungan ini.

Semoga bermanfaat.
Cheers,
 ~Study Go Japan~ (Monica)

    

No comments:

Post a Comment